Header Ads

Modul Multimedia Interaktif Bagian 2 - Action Script Tombol pada Flash

Setelah sebelumnya kita bahas pada bagian 1 mengenai Membuat Tampilan Menu Media Pembelajaran Interaktif , kali ini kita akan bahas mengenai penambahan isi untuk setiap tombol menu yang kita buat pada artikel Bagian 1.

BAGIAN 2
MENAMBAHKAN ISI DALAM TOMBOL TEORI

Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka terlebih dahulu file yang tadi sudah di save.
2. Langkah pertama untuk memberikan isi pada tombol teori yaitu dengan membuat layer baru di atas layer Tbl Soal Latihan kemudian beri nama layer tersebut dengan nama “ISI TEORI”.

3. Selanjutnya insert blank key frame pada frame ke 41.

4. Pada frame 41 Layer Isi Teori, ketiklah atau masukan teori yang ingin di masukan dengan menggunakan teks tool.

5. Masih pada layer Isi Teori, Selanjutnya klik kanan pada frame 42 kemudian pilih Insert Blank Key Frame (hal ini dilakukan untuk mengosongkan kembali area isi pada pergerakan frame berikutnya karena akan kita gunakan untuk isi menu yang lainnya)

6. Berikan action stop pada frame 41 layer Isi Teori, dengan cara klik kanan pada frame 41 kemudian pilih action. Lalu ketikan script “Stop();”. (jika sudah diberikan action maka frame akan ditandai dengan symbol alfa.

7. Berikan action script pada tombol Teori dengan cara mengklik kanan tombol teori kemudian pilih Action, maka akan muncul jendela Action Button:

8. Pastikan yang muncul adalah Action – Button, selanjutnya kerikan kode sebagai berikut:
on (release){
gotoAndPlay(41)
}
Catatan:
(Huruf besar/kecil berpengaruh)
9Lakukan Test Movie untuk melihat hasilnya, lalu silahkan coba klik tombol Teori.

Sekian dulu untuk artikel Modul Multimedia Interaktif Bagian 2 ini. untuk isi menu selanjutnya akan kita bahas di artikel Bagian 3 Mengenai cara menambahkan file video pada flash (MENAMBAHKAN ISI UNTUK TOMBOL VIDEO)

No comments