Header Ads

MENGENAL TATA CAHAYA (Pengertian dan Fungsi)



Bagian yang tidak kalah penting dari proses pengambilan gambar diantaranya yaitu tata cahaya. Tanpa tata cahaya yang bagus tentu akan berpengaruh pada hasil yang akan diperoleh. Tujuan dari tata cahaya itu sendiri yaitu untuk mendapatkan gambar yang menarik dan mendukung suatu produksi visualisasi dari suatu naskah cerita.


Pengertian Tata Cahaya

Tata cahaya atau lighting adalah sebuah seni pengaturan cahaya dengan menggunakan peralatan pencahayaan agar kamera mampu melihat objek dengan jelas dan menciptakan ilusi sehingga penonton mendapatkan kesan adanya jarak ruang, waktu, dan suasana suatu kejadian yang dipertunjukan dalam sebuah penampilan adegan.

Berdasarkan sumbernya, lighting /cahaya dibedakan menjadi dua, yaitu cahaya yang bersumber dari alam seperti cahaya matahari (Natural Light) dan cahaya buatan (Artifisial light/tungsten).

Dalam kehidupan sehari-hari fungsi dari cahaya adalah untuk membantu mengidentifikasi objek oleh indra penglihatan. Sedangkan pada bidang sinematografi fungsi pencahayaan yaitu:

a. Menyinari objek yang akan berhadapan dengan kamera,

b. Menciptakan gambar yang artistic, dan

c. Menghilangkan bayangan yang dianggap tidak pelu atau mengganggu.

Sama seperti halnya manusia, kamera video juga membutuhkan cahaya yang cukup agar berfungsi efektif. Dengan pencahayaan penonton dapat melihat seperti apa bentuk objek, di mana objek tersebut saling berhubungan dengan objek lainnya pun dengan lingkungan, dan kapan peristiwa itu terjadi.

Sebagai tambahan informasi, cahaya memiliki suhu yang berbeda yang akan menghasilkan suhu warna yang berbeda pula. Sebagai contoh Lampu tungsten halogen menghasilkan warna kuning kemerah-merahan, lampu neon memberikan warna hijau kebiru-biruan, dan cahaya sinar matahari memberikan pancaran warna putih kebiru-biruan. Sebenarnya perbedaan ini dikarenakan adanya perbedaan derajat suhu warna yang diukur dalam derajat kelvin. Semakin rendah derajat kelvin, maka suhu warnanya kemerah-merahan, sedangkan semakin tinggi derajat kelvin maka suhu warna cenderung kebiru-biruan.

Jika kita lihat cahaya matahari atau lampu buatan manusia cahaya yang dihasilkannya pijar putih atau kuning. Cahaya tersebut merupakan perpaduan dari cahaya HUE atau warna dasar dalam spectrum warna (Spectrum warna didasarkan pada 3 warna primer). apabila sumber pencampurannya berbeda maka yang ditangkap oleh mata mata manusia akan menghasilkan campuran yang berbeda pula.


Baca:

MENGANALISIS PROSEDUR PENGOPERASIAN KAMERA VIDEO

Fungsi Tata-Cahaya.

Semua objek yang mendapatkan sinar cahaya dapat memberikan gambaran yang jelas kepada penonton tentang segala sesuatu yang hendak dikomunikasikan. Banyak hal yang dapat dikerjakan berkaitan dengan tata cahaya, akan tetapi fungsi dasar tata cahaya ada empat yaitu penerangan, dimensi, pemilihan, dan atmosfer.

a. Penerangan

Fungsi paling mendasar dari tata cahaya adalah sebagai penerangan. Cahaya lampu memberikan pada pemain dan setiap objek yang akan diambil gambarnya. Dalam tata cahaya panggung istilah penerangan bukan hanya sekedar memberikan efek terang agar bisa dilihat, akan tetapi juga memberikan penerangan pada bagian tertentu dengan intensitas tertentu. Tidak semua area di atas pentas memiliki tingkat keterangan cahaya yang sama, tetapi diatur sedemikian rupa dengan tujuan dan maksud tertentu sehingga menegaskan pesan yang hendak disampaikan melalui laku actor dalam pentas tersebut.

b. Dimensi

kedalaman sebuah objek dapat dicitrakan dengan tata cahaya. Dengan memberi sisi gelap dan sisi terang atas objek yang disinari dapat diciptakan dimensi sehingga membantu perspektif tata panggung. Jika semua objek diterangi dengan intensitas cahaya yang sama maka tangkapan gambar yang ada pada mata penonton akan menjadi datar. Dengan pengaturan tingkat intensitas serta pemilihan sisi gelap dan terang inilah maka dimensi objek akan muncul.

c. Pemilihan

Lighting dapat dimanfaatkan untuk menentukan objek dan area yang hendak disinari. Jika dalam film dan televisi sutradara dapat memilih adegan dengan menggunakan kamera, maka sutradara panggung melakukannya dengan cahaya. Pada pementasan tertentu, penonton secara normal dapat melihat seluruh area panggung untuk memberikan focus perhatian pada area atau penampilan aksi tertentu sang sutradara memanfaatkan cahaya. Pemilihan ini tidak haya berpengaruh pagi perhatian penonton, tetapi juga bagi para actor di atas pentas serta estetika tata panggung yang disajikan.

d. Atmosfir

Ada hal yang menarik dari fungsi lighting atau tata cahaya yaitu kemampuannya menghadirkan suasana yang dapat mempengaruhi emosi penonton. Kata “Atmosfer” digunakan untuk menjelaskan suasana serta emosi yang terkandung dalam peristiwa atau adegan lakon. Dengan adanya pengaturan tata cahaya yang baik maka akan mampu menghadirkan suasana yang diinginkan.

Tidak jarang film-film dengan genre horror terlihat seakan-akan suasananya gelap meskipun adegan dilakukan pada waktu siang hari. Inilah diantara gambaran suasana dan emosi yang bisa didapatkan dari penggunaan tata cahaya.

Follow Mediahanjar.com

Baca Juga:

No comments