Header Ads

SOFT SKILL WAJIB DIMILIKI BUAT PERSIAPAN KERJA

Documentation BKK SMK PGRI Ciawigebang

 

Dalam pekerjaan keterampilan kerja yang baik haruslah dimiliki sebagai bekal dalam meraih prestasi dalam pekerjaan. Keterampilan yang kompeten tentunya menjadi salah satu modal dasar yang harus dimiliki, karena setiap perusahaan pasti mencari orang yang memiliki keterampilan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Kompetensi keahlian ini akan lebih baik jika diasah sejak dini, ya saat berada di bangku pendidikan sekolah. Akan tetapi keterampilan dalam kompetensi keahlian tersebut dapat terus ditingkatkan jika terus dilatih dan diasah dengan baik meskipun sudah selesai mengenyam bangku sekolah.

Selain hard skill kompetensi keahlian sesuai dengan spesifikasinya, terdapat juga keterampilan soft skill yang wajib dimiliki buat persiapan kerja. Berikut beberapa soft skill wajib dimiliki biat persiapan kerja:

Attitude / Etika

Attitude atau Etika memiliki penjelasan yang cukup luas. Pada intinya, Attitude merangkum kemampuan seorang dalam kedisiplinan kerja sehingga interaksi personil di dunia kerja. Setiap instansi atau perusahaan biasanya menginginkan karyawan yang mengerti dan mengikuti peraturan di tempat kerja, jujur, dan dapat dipercaya. Attitude atau etika juga bisa diartikan sebagai profesionalisme kerja dan tanggung jawab.

Leadership / Kepemimpinan

Leadership atau kepemimpinan merupakan skill lainnya yang wajib dimiliki seorang dalam dunia kerja agar menjadi seorang yang profesional dibidangnya. Untuk melatih kemampuan ini biasanya sejak duduk dibangku sekolah sudah dikenalkan melalui training atau pelatihan dasar kepemimpinan. Dengan melatih skill kepemimpinan seseorang mampu menuntun diri sendiri maupun organisasi agar lebih terarah dan terorganisir.

Communication / Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalin hubungan yang baik dengan orang lain sebagai bentuk usaha meraih kesuksesan. Meskipun memiliki berbagai keterampilan yang dapat menunjang dalam pekerjaan, belum lengkap rasanya tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik. Karena komunikasi ini sangat diperlukan untuk bisa menjalin kerjasama dengan orang lain maupun rekan kerja. Kemampuan berkomunikasi secara personal sangat dibutuhkan dalam memuluskan tugas dalam pekerjaan, misalnya mengungkapkan ide, negosiasi, presentasi, maupun lobbying. Kita dapat melatih kemampuan berkomunikasi dengan menyampaikan pendapat melalui forum diskusi di suatu organisasi.

Berfikir Kritis

Salah satu yang memungkinkan kita menemukan dan mengatasi masalah, kelemahan, atau kesalahan dalam lingkungan tertentu adalah dengan berpikir kritis. Dengan berfikir kritis memungkinkan terciptanya solusi yang kreatif untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi dalam dunia kerja. Untuk mengasah kemampuan ini kita dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis salah satunya dengan membiasakan diri membaca buku maupun jurnal serta melakukan diskusi. Jika kita memiliki kemampuan berfikir kritis, maka kita mampu mengakui, menganalisis, dan menyelesaikan masalah tanpa banyak pengaruh dari luar dan selalu mencari perbaikan untuk ditambahkan ke dalam sistem dalam lingkungan kerja kita.

Baca:

9 KUNCI SUKSES ELON MUSK YANG BISA KITA ADOPSI SEBAGAI MOTIVASI

Team Work / Kerja sama

Bisa bekerja sama dalam tim di lingkungan kerja sangat penting untuk karir anda. Tidak jarang orang yang mampu bekerja sendiri dengan baik akan tetapi kesulitan ketika harus bekerja dalam tim. Hal ini tentunya akan sedikit menghambat kerja tim. Karena dengan adanya kerja sama suatu pekerjaan diharapkan dapat dilakukan dengan efisien dan tepat waktu. Dilingkungan kerja kita bakan ketemu dengan berbagai karakter orang yang berbeda-beda sehingga kita akan merasa kesulitan melakukan kerja sama. maka dari itu, kita harus membiasakan diri untuk mampu bekerja sama di lingkungan  manapun agar dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah dan efisien.

Adaptasi

Kemampuan ini sangat diperlukan karena tentunya setiap lingkungan kerja memiliki kondisi dan kultur yang berbeda-beda, orang-orang yang berbeda, tuntutan kerja, karakter hingga tekanan kerja yang sulit, sehingga menuntut kita untuk mampu beradaptasi di setiap lingkungan.

Manajemen Waktu

Soft Skill yang satu ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai kesuksesan. Agar mampu memanajemen waktu kita bisa mulai membiasakan diri dengan membuat timline harian sehingga untuk menyelesaikan pengerjaan tugas tidak melewati waktu deadline.

Percaya Diri

Percaya diri mungkin tampak seperti suatu sifat. Akan tetapi hal ini bisa kita peroleh, diasah, dan dikembangkan sebagai sebuah keterampilan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri kita dapat memulai latihan di beberapa bidang yang kita inginkan. Semakin sering melakukan suatu hal dalam bidang tersebut maka akan semakin tumbuh rasa percaya diri kita untuk melakukan sesuatu di bidang tersebut. Dalam dunia kerja sudah seharusnya memperbaiki diri dan meningkatkan keterampilan yang dikuasai sebagai bekal dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Menguasai Teknologi

Di masa sekarang ini, teknologi merupakan hal yang tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya bagi karyawan atau mereka yang bekerja di bidang teknologi saja, akan tetapi orang yang bekerja di bidang non teknis pun keterampilan dalam hal teknologi sangat penting. Dalam batas artian, bisa menggunakan perangkat teknologi seperti mengoperasikan komputer atau laptop. Pasalnya pengusaha biasanya menginginkan calon karyawan yang mengerti program-program umum semacam Microsoft Office. Selebihnya, seperti kemampuan mengedit gambar, video, atau codding dapat dianggap sebagai nilai tambah.

Itulah diantaranya soft skill wajib dimiliki buat persiapan kerja. Keterampilan – keterampilan tersebut akan lebih baik jika diasah sejak dini. Share untuk membantu teman anda mengetahui artikel ini. Semoga bermanfaat.

informasi lowongan kerja visit fb goup BKK SMK PGRI Ciawigebang Kuningan Jawa Barat 


Follow Mediahanjar.com


Baca:

POHON KARIR UNTUK LULUSAN SMK YANG MEMPUNYAI SKILL DI JURUSAN MULTIMEDIA

No comments