Header Ads

5 Aplikasi di HP ini Bisa membuat hasil Record Video lebih MANTAP

Manual Camera DSLR (Lite)

Bagaimana cara merekam video menggunakan HP / Smartphone tapi menghasilkan Footage-footage  yang lebih maksimal dan lebih berkualitas. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan di HP kita. Fungsi dari aplikasi tambahan ini untuk membuat HP kita supaya bisa diatur atau kamera HP kita supaya bisa di-setting secara manual. Tujuan dari disetting secara manual ini tentu saja agar hasil dari perekaman video menggunakan HP ini lebih maksimal. dan kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi aplikasi aplikasi tambahan untuk rekaman video yang bisa dicoba.

Untuk mencoba aplikasi aplikasi tambahan berikut Mungkin saja fitur-fiturnya akan berbeda kalau kita memakai HP HP yang berbeda. karena HP dan aplikasi itu sangat berhubungan erat dengan kompatibel atau enggaknya aplikasi itu. Jadi bisa saja fitur-fitur yang didapat ketika memakai HP lain itu nggak sama antara satu HP dengan HP yang lainnya.

Yang akan dibahas pada aplikasi perekaman video ini merupakan aplikasi yang bisa diatur secara manual terutama di bagian exposure dan juga di bagian fokusnya. karena biasanya di bagian exsposure dan fokus ini yang membuat hasil atau kualitas dari rekaman kamera pakai HP ini menjadi kurang baik. Biasanya kalau kita pakai kamera bawaan exposure itu nggak stabil, terang gelap terang gelap seperti itu. Untuk fokusnya biasanya juga nggak stabil ya karena fokusnya itu kadang lari-lari nggak kekunci. ya jadi kadang fokus ke sini kadang fokus ke sana. 

ada 5 aplikasi yang menurut admin cukup baik untuk perekaman video. 


1. Cinema FV-5

Aplikasi ini menjadi Salah satu aplikasi yang banyak pemakainya dan juga fitur-fiturnya lengkap dan menarik. Untuk pengaturan eksposur nya kita juga bisa mengatur ISO nya dan juga bisa mengatur eksposur nya atau tingkat gelap terangnya juga. Untuk pilihan fokusnya pada aplikasi ini juga sudah banyak pilihannya. tapi kalau untuk admin sendiri lebih suka untuk fokus yang bisa dikunci atau di lock sehingga fokusnya itu nggak kabur kabur.

di Aplikasi Cinema fv-5 ini fitur image stabilizernya sudah aktif. Mungkin beberapa HP yang belum ada fiture Image Stabilizernya tidak langsung aktif. Dii Cinema fv-5 ini juga sudah support 4K. dari aplikasi ini juga bisa mengatur Coloringnya secara manual. Ada saturasi ada kontras dan ada sharpen manualnya sehingga memungkinkan kita untuk menghasilkan video dengan warna yang mentah, video dengan flat profile. Warna yang mentah ini bisa memungkinkan kita atau akan memudahkan kita saat Color grading diproses editing. untuk pengaturan white Balance nya belum bisa diatur secara manual tapi sudah menyediakan pilihan pilihan white Balance yang bisa kita pilih dan juga ada pilihan untuk mengunci white Balance Nya sehingga White balance-nya itu enggak berubah-rubah kalau kita sudah menguncinya. ini fitur yang cukup berguna biar video kita juga tentunya lebih baik.


Cinema fv-5

Cinema fv-5 ini di Play Store itu ada dua versi yang pertama adalah versi Lite dan yang kedua adalah versi Pro untuk versi Lat ini gratis jadi ada beberapa fitur yang mungkin nggak ada atau dibatasi. Tapi kalau pengen fiturnya itu lengkap ya kita bisa pakai yang pro / yang berbayar. Ada kekurangan lain dari aplikasi ini yaitu ada pembatasan maksimal durasi record yaitu 8 jam. tapi ya Siapa juga yang mau record pakai HP sampai 8 jam Kasihan hp-nya juga kasihan memorinya. jadi menurut saya nggak terlalu masalah juga walaupun dibatasi sampai 8 jam aja.


2. FilMic Pro

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang  cukup menarik dan juga user interface nya gampang sehingga mudah penggunaannya. untuk pengaturan eksposur nya sudah bisa kita atur secara manual bahkan sudah ada pengaturan untuk iso dan shutter speednya. Tapi di beberapa HP mungkin enggak support untuk pengaturan iso dan shutter speed. Jadi cuman bisa atur untuk gelap terangnya aja. Tapi itu nggak masalah yang penting sudah bisa diatur gelap terangnya secara manual.

Untuk fokusnya kita bisa memakai auto dan juga manual. Untuk manual kita bisa menggeser  fokusnya ke bagian yang pengen kita fokuskan. Jadi penggunaan fokusnya itu sangat mudah. Untuk pengaturan white Balance nya itu OK banget tinggal kita pilih sesuai dengan warna yang disediakan. dan pada aplikasi ini juga perekamannya itu bisa kita pause. Jadi ketika kita syuting Kita pause, kita ganti Angel, ganti lokasi, dan kemudian kita lanjutkan itu sudah jadi satu file tanpa perlu kita edit edit ulang atau edit-edit lagi, jadi itu sangat simpel.

FilMic

Selain itu kelebihan lainnya dari aplikasi ini yaitu pilihan aspek rasio yang beragam. kalau bisa kita compare sama aplikasi lain biasanya aplikasi lain itu cuman bisa merekam video dengan format aspek rasio 16 banding 9. kalau kita mau merecord dengan hasil yang sinematik atau lebih white Biasanya kita cuman bisa mengaturnya untuk garis pembantu untuk sinematik tapi hasilnya tetap 16 banding 9 dan harus kita cropping di editing. Berbeda dengan filmic pro ini kita langsung akan mendapatkan aspek rasio sesuai dengan yang kita pilih ada 16:9,  4:3, 1:1 dan sinematik itu banyak tinggal kita pilih aja hasilnya udah jadi tanpa kita cropping di editing.

Akan tetapi ada beberapa yang dirasa kurang dari aplikasi ini seperti resolusi video untuk HP Xiaomi Redmi Note 5 ini sudah bisa record sampai 4K di aplikasi bawaan nya dan untuk fps nya juga sudah bisa 60fps kalau record di 1080p tapi untuk di filmic Pro ini HP Xiaomi Redmi Note 5 cuman mentok di 1080p untuk resolusinya dan untuk FPS nya mentok di 30 fps. Kekurangan lainnya yaitu pada Xiaomi Redmi Note 5 yang seharusnya udah support image stabilizer tapi di aplikasi ini nggak aktif. nggak tau juga ya apakah di hp hp lain yang udah support stabilizer di aplikasi filmic Pro ini aktif atau enggaknya. Tapi kasus di HP Xiaomi Redmi Note 5 ini nggak aktif. dan untuk aplikasi ini enggak gratis ya, alias berbayar. Jadi Kita perlu mengeluarkan budget tambahan ketika kita pengen memakai aplikasi ini.


3. Bacon Camera

Aplikasi selanjutnya Bacon Camera. Cukup banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini salah satu fitur yang paling menarik yaitu di fokusnya. jadi di aplikasi ini kita bisa mengatur fokusnya seperti kita memutar ring fokus di lensa. Sehingga kita bisa menghasilkan efek dari fokus ke blur atau blur ke fokus saat menggunakan aplikasi ini walaupun pakai HP. Kita juga bisa membuat efek seperti pakai kamera DSLR atau mirrorless untuk pengaturan eksposur nya. Mungkin di beberapa HP cuman bisa mengatur gelap terangnya aja dan nggak bisa atau nggak ada pengaturan untuk ISO nya Tapi setelah kita atur gelap terangnya aplikasi ini nggak locked, ya jadi ketika ada perubahan cahaya Ketika kita shooting di ruangan hasilnya di video tetap berubah tingkat cahayanya, jadi Hasilnya Flickr. Tapi kalau di outdor dan kita syuting siang hari juga nggak masalah juga sih.

Yang menarik lainnya dari aplikasi ini adalah kita bisa mengatur kelvin itu dengan sangat enak ya di sini sudah menyediakan k yang bisa kita atur atau MPRS yang bisa kita atur melalui satuan kelvin dari 2000 k sampai 8000 k dari yang warnanya kebiruan sampai kekuningan. Resolusi yang kita dapat bisa nyampe 4K tapi pada mode rekam pakai Full HD atau 1080p FPS nya itu nggak nyampe 30. Aplikasi ini gratis ya, karena gratis jadi ada iklan yang muncul di aplikasi ini. Tapi tenang aja kita bisa mengatur untuk menonaktifkan iklan nya, jadi iklan itu nggak muncul.


Bacon Camera

4. Manual Camera DSLR GUIDE

cukup banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi manual camera DSLR pro ini ya dan untuk eksposur nya saya sudah bisa mengaturnya secara manual sudah bisa mengatur rasio nya sudah bisa mengatur gelap terangnya dan juga bisa saya lock atau saya kunci sehingga gambarnya lebih stabil dan hasilnya lebih oke dan untuk fokusnya juga sudah ada banyak pilihannya, tapi yang terpenting yaitu fokusnya bisa dikunci. Jadi fokusnya itu nggak kemana-mana alias fokusnya tetap di objek yang sudah kita tetapkan. Untuk resolusi video di aplikasi ini HP juga sudah bisa syuting sampai 4K, tapi ya sama juga dengan aplikasi yang lain mentok di 30 Fps. Untuk fitur stabilisasi atau stabilizer nya, di aplikasi ini sudah aktif, sayangnya aplikasi ini berbayar jadi kita harus mengeluarkan budget lebih. 



5. Open Camera

Dengan harganya yang Rp.0 alias gratis, aplikasi yang satu ini dirasa cocok dan nyaman. Jika kita mau menggunakan aplikasi open camera ini, kita bisa mendapatkan fitur-fitur yang lengkap dan juga bisa kita atur secara manual untuk eksposur nya dan ISO-nya juga udah bisa manual, jadi kita bisa atur ISO nya juga. Kemudian untuk fokusnya juga banyak pilihannya dan yang paling penting yaitu bisa mengunci fokusnya. Banyak juga fitur-fitur lain yang saya suka seperti white balance nya yang sudah bisa kita lock meskipun belum bisa atur secara manual di beberapa HP. Untuk image stabilizernya halus banget jadi hasil video kita menjadi lebih oke. 

Adapun untuk resolusi videonya sudah bisa sampai 4K. walaupun dibeberapa HP baru di 1080 sudah mentok di 30 FPS, apalagi 4K, pastinya sangat turun drastis FPS nya. Untuk user interfacenya kalau dibandingkan dengan aplikasi aplikasi lain ini agak lebih susah. ya karena memang fitur-fiturnya cukup banyak. Tapi kalau sudah terbiasa ya nggak terlalu masalah juga. Diaplikasi Open Camera ini sudah support camera 2 API Jadi kalau HP yang sudah support camera 2 API akan mendapatkan fitur-fitur yang lengkap dari Open Camera ini. 


Follow Mediahanjar.com


Itulah 5 aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk merekam video dengan HP / Smartphone versi kita. Mungkin ada juga yang punya aplikasi yang lebih oke Bisa share atau komen. Cukup sekian untuk pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi buat kalian yang sedang nyari aplikasi yang cocok untuk rekaman videonya kontennya.







No comments