Header Ads

Daftar Peralatan Untuk Shooting Conten Video dengan Handphone atau Smartphone


Untuk memaksimalkan hasil shooting menggunakan handphone atau menggunakan Smartphone kita memerlukan tambahan alat. Walaupun tanpa menggunakan alat ini kita sudah bisa menghasilkan video dengan menggunakan HP, tapi akan lebih maksimal dan akan lebih baik hasilnya lebih baik jika kita menambahkan beberapa alat ini. dan pada postingan kali ini akan membahas tentang peralatan-peralatan tambahan apa saja yang diperlukan untuk membuat hasil video kita lebih maksimal. 

Untuk mendapatkan peralatan tambahan ini bisa disesuaikan dengan budget yang kalian miliki karena untuk membeli peralatan peralatan tambahan memang harus menyesuaikan dengan kantong kita ya jangan sampai kita terbawa nafsu untuk membeli semua alatnya tapi ujung-ujungnya nggak kepakai itu nanti akan menjadi mubazir.

Berikut beberapa peralatan tambahan yang bisa dipakai untuk shoting menggunakan handphone/smartphone:


1. Tripod 

Tripod menjadi alat yang cukup wajib. tripod ini juga sangat cocok untuk videografer atau orang-orang yang syuting sendiri. kenapa? karena tripod bisa menggantikan kita sebagai Kameramennya. dan untuk mendapatkan tripod kita bisa menyesuaikan dengan budget kita masing-masing. Kalo budget yang masih minim bisa beli tripod yang cukup murah atau kalau yang udah ada budgetnya bisa beli tripod yang cukup mahal. ya sesuai dengan budget. atau juga bisa beli yang murah seperti Gorilapod/spiderpod dan lain-lain.

Tripod

Fungsi tripod ini sangat penting karena bisa menghasilkan gambar yang diam dan anteng. Jadi video kita itu nggak goyang-goyang dan bisa menghasilkan gerakan kamera seperti pan kanan dan pan kiri. Untuk spiderpod atau mini tripod kamu bisa dapatkan mulai dari yang harganya Rp.10.000-an dan untuk tripod yang kecil 3 puluhan ribu udah dapat di online shop. kalau untuk tripod yang bagus dan kualitasnya juga bagus pastinya bisa sampai puluhan juta rupiah.


2. smartphone holder 

smartphone holder ini menjadi alat yang wajib untuk kita miliki kalau kita shooting menggunakan tripod Ya karena memang fungsi dari smartphone holder ini untuk menaruh handphone di tripod. Jadi wajib hukumnya Kalau kita syuting menggunakan HP pakai tripod jadi harus punya Smartphone holder. 

Untuk smartphone holder yang mana saja yang bisa dipakai? semuanya bisa dipakai karena memang fungsinya sama jadi kita bisa pilih yang mana saja yang kita suka. untuk smartphone holder ini bebas Pilihannya yang paling penting ada lubang sekrup seperempat inch. lubang ini yang nantinya kita pakai agar smartphone holder ini bisa dipasang di tripod atau gorilapod.

Smartphone Holder


Smartphone holder ini ada yang model “L” karena bentuknya seperti huruf “L”, dan ada yang model “U” karena menyerupai huruf “U”. saya sendiri lebih suka yang “L” karena terasa lebih aman dan nggak terlalu menekan HP atau mencet HP ya Bahasanya. kasihan hp-nya kalau katakan banget. dan juga jangan lupa cari yang ada bantalan busa nya biar HP kita lebih terlindungi smartphone holder ini bisa kamu dapat dengan harga mulai Rp5.000 bahkan ada yang lebih murah lagi di online shop tergantung model dan kualitasnya tentunya.


3. Smartphone Rig.

Smartphone rig ini sangat cocok untuk membantu kita saat syuting HP menggunakan hand held. karena di Smartphone rig Ini ada pegangan kanan kirinya jadi akan memudahkan kita saat syuting hand held menggunakan handphone. Selain itu, Smartphone rig Ini juga bisa kita pakai untuk naro alat-alat perlengkapan tambahan misalnya seperti lighting, microphone tambahan atau mungkin receiver mic wireless itu juga bisa kita pakai karena di Smartphone rig Ini ada slot-slot yang cocok untuk perlengkapan kamera.

Smartphone Rig

Selain itu Smartphone Rig Ini juga dilengkapi dengan lubang sekrup yang cocok bila kita menggunakan tripod. jadi Smartphone rig Ini sangat multifungsi dan juga cocok untuk kita saat shooting menggunakan handphone. untuk meletakkan ini di tripod Smartphone rig Ini juga bisa cara landscape atau horizontal dan juga potret atau vertikal. 

Dengan ini kita bisa menaruh peralatan peralatan tambahan dengan mudah dan aman Kita juga bisa menaruh powerbank untuk power tambahan HP atau peralatan pendukung lainnya. Smartphone Ini bisa didapat mulai harga Rp50.000 tergantung merek dan kualitas tentunya.


Baca: CARA MENDAPATKAN FOOTAGE CINEMATIC MENGGUNAKAN HANDPHONE


4. Gimbal Stabilizer

Gimbal Stabilizer ini sangat memungkinkan untuk kita shooting dengan bergerak, berjalan atau bahkan berlari dengan hasil shot yang tetap stabil. tapi untuk menghasilkan video dengan moving  yang nggak terlalu ekstrem biasanya nggak pakai gimbal ini karena cukup stabil lah kalau hanya pergerakan-pergerakan viral biasa saja. tapi kalau untuk bergerak berlari ya memang idealnya menggunakan gimbal.

Dengan harga yang bisa dibilang Nggak murah, gimbal ini menjadi peralatan yang dipertimbangkan lagi kalau memang mau membelinya. kalau memang ada budgetnya ya gak masalah, tapi kalau memang budgetnya belum cukup ya nanti saja.

Smarphone Gimbal

5. MIC Tambahan

Karena video merupakan karya visual jadi nggak hanya visualnya saja yang harus bagus. Audio juga memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itu mic tambahan menjadi alat yang sangat penting. di HP sendiri sudah memiliki built in atau mic internalnya ya, Namun kita juga nggak bisa mengandalkan mic itu karena untuk shooting dengan jarak antara kamera atau HP dengan sumber suara yang cukup jauh nanti hasilnya pasti akan kecil dan cenderung tidak jelas. untuk itu mic tambahan ini sangat diperlukan dan juga ketika kita menggunakan mic tambahan hasil suaranya pasti akan lebih jernih. untuk itu mic tambahan akan menjadi wajib hukumnya untuk kita miliki.

Lavalier Clip On Mic

Ada beberapa pilihan mic yang bisa kita pakai seperti shotgun mic. shotgun mic ini bisa menerima sinyal dari satu arah sehingga cocok untuk menerima suara dari arah depan kamera atau HP. Kelemahan dari mic ini yaitu kurang bisa menangkap suara jika objek nya terlalu jauh dari kamera untuk shotgun mic yang murah bisa kita dapatkan dengan harga mulai Rp100.000 lebih tergantung kualitas dan mereknya. 

Selain shotgun mic kita juga bisa menggunakan Mic lavalier sebagai mic tambahan. mic ini memiliki hasil yang baik karena mic bisa diletakkan di dekat sumber suara yaitu di dekat mulut jadi suaranya akan sangat jelas. Berbeda dengan shotgun mic tadi yang pastinya nggak akan bisa Sedekat Itu dengan sumber suara. Mic ini ada beberapa jenis, ada yang kabelnya panjang dan bisa langsung kita colokan di HP. Ada yang pendek dan ini harus pakai audio recorder atau HP lain untuk merekam audio secara terpisah. Ada juga yang model wireless atau tanpa kabel ada transmitter nya dan ada receivernya. transmitter untuk mengeluarkan sinyal suara dan receiver untuk menerima sinyal suara. tentunya ada plus minusnya memakai mic tadi Kalau yang kabel panjang pasti ribet dan kurang mobile kalau yang wireless ya pasti harganya lumayan, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

untuk mic lavalier pendek bisa didapat dengan harga Rp10.000 udah Lumayan hasilnya. Kalau yang panjang 5 m ini hanya Rp100.000 lebih Hasilnya cukup oke. Dan untuk mic wireless ada yang murah sih sebenarnya Rp100.000 tapi ada tapi ya kurang recommended untuk hasilnya.


Baca: 
Inilah 6 Rekomendasi Cara Komposisi dan Framing Pengambilan Gambar Video

Ya itu tadi pembahasan tentang perlengkapan perlengkapan atau peralatan peralatan tambahan yang kita perlukan untuk shooting menggunakan handphone. Tentunya kita kita kembali lagi melihat budget yang kita miliki. Kalau memang Budgetnya sudah ada kita bisa melengkapi peralatan-peralatan tadi kalau memang budgetnya yang masih minim, Kita juga bisa membeli yang mungkin kualitasnya yang nggak terlalu bagus bagus amat. Kalau memang budgetnya lebih minim lagi ya kita bisa beli sesuai dengan budget kita atau mungkin kita membeli yang kita perlukan dulu setahap demi setahap sampai perlengkapan kita lengkap.


No comments