Header Ads

Kategori, Karakteristik, dan Manfaat Multimedia

imagesourch: https://terra-indonesia.co.id/wp-content/uploads/2017/07/multimedia-world.jpg


Pada modul pembelajaran kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang kategori, karakteristik, dan manfaat Multimedia. modul ini bagian dari materi BAB pertama pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video, Oleh karena itu harus bersungguh-sungguh dalam memahami materi berikut ini dengan seksama agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat banyak ilmu kedepannya.

A. KATEGORI MULTIMEDIA

Pertama kita akan mengenal Kategori Multimedia. Pada pembahasan kali ini kita artikan Multimedia yaitu penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Terdapat 2 (dua) kategori multimedia berdasarkan definisi dari Media/Medium itu sendiri sebagai entitas yang dilewati oleh sesuatu, yaitu:

a. Multimedia Conten Production

Multimedia Konten Produksi yaitu penggunaan dan pemrosesan beberapa media seperti text, audio, graphics, animation, video, and interactivity yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti musik, video, film, game, entertainment, dan lain-lain. Atau penggunaan sejumlah teknologi berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah media text, audio, video, animasi, graph/image, interactivity, dan special effect.

b. Multimedia Communication

Multimedia Komunikasi Yaitu penggunaan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertainment, news, education, dan lain-lain. Pada kategori ini media yang digunakan adalah TV, Radio, Film, Cetak, Musik, Game, Entertainment, tutorial, dan ICT (Internet).

Berikut merupakan tabel ilustrasi dari keterkaitan antara multimedia conten production, dan multimedia communication.

No

Media Multimedia

Media Multimedia

TV

Radio

Film

Cetak

Musik

Game

Entertainment

Tutorial

ICT

1.

Media Teks

 

 

2.

Media Audio

 

3.

Media Video

 

 

 

4.

Media Animasi

 

 

 

5.

Media Graph/image

 

 

6.

Media Interaktivity

 

 

 

 

 

 

7.

Media Special Effect

 

Pelajari Juga Komponen-Komponen Multimedia

B. KARAKTERISTIK MULTIMEDIA

Setelah mengetahui kategori multimedia, yang kedua adalah kita harus mengenal karakteristik multimedia. Multimedia setidaknya memiliki 2 bentuk karakteristik, yaitu:

1. Multimedia Bentuk linier, Yaitu merupakan struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau byte informasi ke frame/byte yang lainnya.

2. Bentuk non linier, yaitu struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.

Dari karakteristik tersebut di atas meliputi:

a. Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.

b. Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut hypermedia.

c. Pengembang multimedia, membuat judul multimedia dengan perangkat authoring, yaitu perangkat pengembangan multimedia.

d. Projek multimedia ketika dipublikasikan disebut judul multimedia.

Terdapat beberapa istilah yang sering digunakan dalam pemanfaatan multimedia, yaitu:

a. Multimedia Interaktif, yaitu multimedia yang pengguna akhir atau user dapat mengontrol konten kumtimedia apa dan dalam hal apa urutan element multimedia dikirimkan.

b. Programmer Multimedia, yaitu orang-orang yang mengintegrasikan elemen bentuk multimedia dan dapat secara keseluruhan yang harus menggunakan sebuah sistem authoring/ bahasa pemrograman.

c. Projek Multimedia, yaitu sarana perangkat lunak atau software pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau televisi. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan multimedia.

Pelajari juga Memahami Etimologi Multimedia

C. MANFAAT MULTIMEDIA

Setelah kita mengetahui kategori dan karakteristik daripada multimedia, selanjutnya kita pelajari mengenai manfaat multimedia. Ada beragam manfaat multimedia, antara lain:

a. Industri Kreatif

Pada bidang industri kreatif menggunakan multimedia digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, hiburan, dan seni komersial.

b. Komersial

Untuk menarik perhatian dalam periklanan dibutuhkan presentasi media yang menarik. Bisnis komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif sebuah perusahaan untuk menawarkan atau menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.

c. Hiburan dan Seni Rupa

Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, hususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Pada multimedia permainan/games dan program perangkat lunak telah tersedia dan terdistribusi dalam bentuk CD-ROM atau secara Online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.

d. Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, multimedia biasanya digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi seperti ensiklopedia yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar terkait dalam berbagai format informasi. Informal edutainment merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Perkembangan proses pembelajaran saat ini telah berkembang dengan pesat karena penggunaan multimedia.

e. Teknik

pada bidang teknik, Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia untuk menciptakan simulasi komputerisasi untuk sebagai pelatihan. Contohnya pelatihan militer atau insustri, simulasi, dan lainnya. Multimedia juga dapat dimanfaatkan untuk desain web interface dalam beberapa perangkat lunak.

f. perindustrian

Di sektor industri multimedia digunakan sebagai sarana untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan dalam memantau perkembangan perusahaan. Multimedia pada sektor indistri juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan bagi karyawan, periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.

g. Matematika dan Penelitian Ilmiah

Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai khususnya untuk modeling dan simulasi. Misal, seorang ilmuan kimia bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya menjadi suatu zat baru. Perwakilan penelitian bisa kita temukan di jurnal seperti journal of multimedia.

h. Kesehatan

Dalam bidang kesehatan misalnya dalam hal pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat visualisasi virtual operasi atau secara visual mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri, kemudian mengembangkan teknik bagaimana mencegahnya.

i. Gambar Dokumen

Pengambilan Foto Copy / Scan /Dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital.

Follow Mediahanjar.com

Pelajari juga Pemanfaatan Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari

No comments