Header Ads

Penerapan Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari

Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.

Penerapan multimedia menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :

1) Bisnis
Di dalam bisnis Aplikasi multimedia meliputi pemasaran, periklanan, presentasi, pengajaran, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tak ketinggalan juga video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka secara langsung tanpa harus berada didalam suatu ruangan yang sama. Perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar dengan adanya aplikasi multimedia ini.

2) Pendidikan 
Aplikasi multimedia jika diterapkan dalam bidang pendidikan bisa mengubah cara proses belajar mengajar dari yang tadinya konvensional bisa menjadi lebih menarik dan interaktif. Sehingga dalam proses KBM tidak terlalu monoton seperti yang selama ini dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya:  aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca  anak-anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.

3) Rumah 
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam. Seperti komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat input atau penyalur multimedia. Terdapat juga perangkat permainan game yang menggunakan media televisi sebagai alat penyalur multimedia. Contohnya: Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.

4) Tempat umum 
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.

Itulah beberapa penerapan multimedia dalam kehidupan sehari-hari menurut Vaughan.

terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dapat memberikan pengetahun yang bermanfaat bagi kita semua. jangan lupa share dan komentarnya yang membangun :-)

Pelajari juga mengenai tools-tools multimedia.

Follow Mediahanjar.com


No comments