Header Ads

MENGENAL ANIMASI 2 DIMENSI


Animasi sering kita jumpai di film-film kartun di televisi yang sering kita lihat. Berkat adanya animasi, akan membuat acara televisi menjadi lebih bewarna. Animasi merupakan suatu rangkaian gambar yang digabungkan dan di proyeksikan sehingga akan terlihat seolah-olah hidup atau bergerak. Pada dasarnya animasi adalah suatu disiplin ilmu yang memadukan unsur seni dengan teknologi. Dalam proses pembuatan suatu animasi dibutuhkan perangkat pendukung seperti kamera film atau video, perekam suara, software komputer, dan sumber daya manusia.

Animasi yang sering kita lihat di film-film kartun biasanya berbentuk visual 2D atau 3D. Jenis animasi 2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Animasi ini dibuat dengan dua metode, yaitu secara manual dan juga secara komputer. Teknik animasi 2D secara manual memungkinkan animator untuk membuat gambar pada lembaran yang berlapis-lapis yang disebut dengan celuloid.

Pembuatan animasi menggunakan komputer diawali dengan adanya software yang dapat digunakan untuk melakukan ilustrasi objek dan karakter. Dengan menggunakan komputer, sang animator dapat membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga membentuk suatu gerakan tertentu yang secara visual akan menghasilkan ilusi gambar bergerak.

Menciptakan suatu animasi bukan hanya sekedar menggerakan objeknya semata, namun juga harus menghidupkan karakter agar terkesan bernyawa. Sebuah animasi harus mampu berekspresi seperti layaknya makhluk hidup.

ANIMASI 2D

Animasi 2D yang memiliki sifat flat secara visual biasanya berbentuk vektor.

1. Pengertian Animasi

Istilah animasi berasal dari bahasa yunani kuno yaitu animo yang memiliki arti hasrat, keinginan, atau minat. Selain itu memiliki arti roh, jiwa, atau hidup. Animasi merupakan suatu disiplin ilmu yang memadukan unsur seni dan teknologi, selain itu juga sebagai cabang sinematografi. Terdapat penggunaan aturan filmis dalam pembuatan animasi seperti hitungan satuan cut, sequence frame, continuity, cakupan sudut pandang, transisi gambar, skenario, blocking, dan sebagainya.

a. Jenis-Jenis Animasi

Animasi merupakan grafika yang menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek gambar yang diam akan terlihat hidup. Animasi sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

1) Animasi 2D : Jenis ini biasanya dibuat dengan menggunakan vektor. Dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi adobe flash. Animasi 2D adalah jenis animasi yang sering dijumpai dalam sebuah film maupun iklan. Beberapa contoh animasi 2D adalah Tom And Jerry, Scopby Doo, Doraemon, dan sebagainya.

2) Animasi 3D : seperti halnya animasi 2D, Animasi 3D juga harus dibuat dengan menggunakan komputer dan aplikasi khusus seperti Blender. Animasi 3D juga sering disebut dengan CGI (Computer Generated Imagery). Jenis animasi ini sering dimanfaatkan dalam pembuatan film animasi 3D atau pada film live action. Contoh film animasi 3D adalah film Toy Story.

3) Motion Graphics : jenis animasi ini biasanya banyak ditemukan pada video komersial seperti iklan, video tutorial, dan lain sebagainya. Animasi Motion Graphics banyak digunakan karena dapat memudahkan dalam menjelaskan hal-hal yang kompleks kepada audiens/penonton.

4) Stop Motion : Jenis animasi ini juga dikenal dengan istilah claymotion, karena karakter yang dibuat pada animasi ini biasanya terbuat dari tanah liat. Selain itu karakter dapat berbentuk boneka, siluet, ataupun action figures, dan lego. Untuk pembuatan animasi ini, karakter digerakan dan di foto setiap gerakannya. Foto foto tersebut selanjutnya dirangkai menjadi sebuah sequence.

PEGAL DENGAN TUGAS MENCATAT? BEGINI CARA MERANGKUM DENGAN CEPAT MENGGUNAKAN CONCLUSION GENERATOR TOOL MILIKNYA EDUBIRDIE.COM

b. Pengertian Animasi 2D

Animasi yang biasa dikenal dengan film kartun ini salah satunya adalah dalam bentuk vektor atau 2D. Animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang menggunakan lingkungan dua dimensi. Animasi 2D memiliki ukuran panjang (X-axis) dan (Y-axis). Animasi 2D ini menggunakan sketsa gambar yang digerakan satu persatu sehingga nampak seperti hidup dan nyata. Animasi 2D ini hanya dapat dilihat dari sudut pandang satu arah atau dari depan.

2. Mengenal Jenis Animasi 2D

Terdapat dua jenis animasi 2D berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu animasi tradisional dan animasi komputer. Kedua animasi tersebut memiliki teknik pembuatan yang berbeda.

a. Animasi 2D Tradisional : Animasi yang lebih dikenal dengan sebutan celluloid animation merupakan animasi yang terdiri dari lembaran-lembaran atau gambar yang membentuk animasi tunggal. Setiap Cell memiliki objek yang terpisah-pisah, namun dengan satu latar belakang yang sama. Sehingga ketika gambar-gambar ini diputar secara bersamaan akan membentuk sebuah animasi yang utuh. Jenis dari animasi ini adalah animasi Hand Drawn, Flip Book, Rotoscoping, dan sebagainya.

b. Animasi 2D Komputer : Animasi komputer adalah jenis animasi yang proses pembuatan gambar dan proses pergerakan animasinya dibantu dengan komputer dan perangkat lunak khusus sehingga akan menjadi lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Jenis animasi ini adalah jenis animasi yang lebih banyak digunakan. Jenis dari animasi ini adalah Komputer assist, CGI Compositing, Motion Capture, Vektor Based Animation, atau Animasi Flash.

Follow Mediahanjar.com

Pelajari Juga tentang penerapan multimedia dalam kehidupan sehari-hari


No comments