Header Ads

Membuat Animasi 3D Avatar diri sendiri dengan Aplikasi Zepeto


Pembuatan animasi bagi pemula akan terlihat rumit. Tapi jika kita memahami dan mampu mempraktekan teknik-teknik dasarnya secara continue, maka lambat laun yang namanya membuat animasi itu akan terlihat biasa saja. Tentunya sesuai kadar kemampuan kita.
Untuk pembuatan animasi baik 2D atau pun 3D biasanya dibuat dengan menggunakan aplikasi di komputer yang prosesnya cukup panjang, tentunya karena hasil yang diharapkan juga tidak sembarangan. Pada masa-masa learnig frome home dikarenakan pandemic yang sedang melanda, kegiatan praktikum seakan sulit dilaksanakan karena tidak semua peserta didik mempunyai perangkat PC Komputer atau laptop, untuk itu Pada tutorial kali ini aplikasi yang akan digunakan bukanlah aplikasi yang dipakai menggunakan perangkat komputer, tetapi bisa di pakai menggunakan Smart Phone Android.
Ada beberapa aplikasi animasi yang bisa dipakai menggunakan media Smartphone Android, diantaranya adalah Zepeto.
Mengutip dari laman Liputan6.com diketahui bahawa aplikasi ini adalah besutan dari Snow Corporation yang merupakan developer dari aplikasi yang didirikan pada 2016 ini di Seongnam, Korea Selatan, dan beroperasi sebagai anak usaha Naver Corporation. Dari laman tersebut juga bisa kita pelajari menu utama yang ada di aplikasi ini.
Berikut contoh cara membuat animasi avatar dengan menggunakan Aplikasi Zepeto:

Langkan Pertama terlebih dahulu silahkan Download Aplikasi Zepeto pada Play Store atau App Store Gratis melalui Androidnya masing-masing. Setelah itu silahkan buka aplikasinya kemudian pilih Create a ZEPETO. Aplikasi ini berbasis online, jadi pastikan pada saat menggunakan aplikasi HP Androidnya memiliki akses internet :-) 


Pada Tahapan ini kita akan diberikan dua pilihan. jika kita mendaftar atau sign up, maka kita akan mendapatkan 1000 koin dimana koin ini nantinya bisa kita gunakan untuk mendapatkan fiture di dalam aplikasi seperti mengganti model fashion atau pakaian, interior dan lainnya dengan cara menukar koin tersebut dengan fiture yang ada di dalam aplikasi zepeto. 
Jika tidak ingin sign up maka kita bisa melewati tahapan ini dengan klik leter. Kemudian akan muncul tampilan dan silahkan pilih jenis kelamin yang akan dibuatkan avatarnya.
Selanjutnya silahkan capture wajah masing-masing agar avatar yang kita buat nantinya menyerupai atau agak mirip dengan wajah asli kita, berikut contohnya:

 
Jika selesai mengambil gambar, langkah selanjutnya adalah klik tanda panah untuk next ke proses editing. Pada bagian editing ini silahkan pilih model dan warna rambut, bentuk dan warna kulit kepala, bentuk alis, mata, hidung, mulut, kumis, dan lainnya. Silahkan dipilih berdasarkan selera dan kreatifitas masing-masing.


Jika dirasa sudah cukup dan dianggap selesai, selanjutnya silahkan klik tombol next di pojok kanan atas dan aplikasi akan memproses avatar kita. Jika kembali muncul pilihan sign up, silahkan lewati saja jika tidak akan mendaftar.
Proses selanjutnya adalah klik tombol icon pensil untuk proses editing baik memberikan gerakan dan kata-kata atau teks ucapan (Misal pada contoh ini kata katanya “Kamu Juga Bisa”). Setelah itu klik centang diatas layar. Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar berikut.


Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu personal di bagian pojok kanan bawah. Pada menu ini kita bisa custom baju, interior, dll. Jika kita ingin menggan ti pakaian atau fashion tinggal pilih menu My Closet kemudian muncul pilihan silahkan pilih menu shop pada pojok bawah.
*catatan: pastikan koin yang dimiliki cukup untuk menukarnya dengan pakaian yang ingin di ganti :-)



Setelah selesai mengganti fashion di menu My Closet, selanjutnya kita bisa berikan background interior seperti jam dinding dll. dengan dengan memilih menu My space maka akan muncul jendela edit interior. Untuk menambahkan interior lainnya silahkan klik tanda plus (+) pada layar maka akan muncul pilihan. Disini kita bisa mendapatkan interior yang free, silahkan mengganti interiornya sesuai selera. Misal seperti pada gambar di bawah.
Jika sudah selesai menambahkan interior, selanjutnya klik centang di pojok kanan atas.


Setelah selesai mengganti fashion dan menambahkan background interior, Akhirnya kita masuk ke tahapan hasil akhir atau proses render file. Pada tahapan ini langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mengklik icon foto yang berada di bawah. Kita bisa memilih apakah mau membuat file dalam bentuk gambar atau video selanjutnya gambar atau video tersebut bisa di save. Selesai deh.



Itulah langkah-langkah membuat animasi 3D avatar diri sendiri dengan menggunakan aplikasi Zepeto di Smartphone android. terimakasih telah membaca tutorial pada artikel MM mediahanjar.com, Selanjutnya hasil animasi yang dibuat tadi akan tersimpan di galeri atau beranda file pada smartphone android kita. Nah... jika sudah tersimpan kita bisa menjadikan file tadi sebagai insta story di acount instagram kita. Atau cerita facebook atau pun status WA nya.

Jika sudah pernah membuat animasi avatarnya menggunakan aplikasi zepeto ini, boleh dong share avatar kalian di kolom komentar. Semoga bermanfaat, 

Follow Mediahanjar.com


No comments