Header Ads

TEKNIK CEPAT MEMBUAT ANIMASI BAG I (Motion Tween)

Wuadhuh, gimana ya? untuk awal-awal sih sebetulnya membuat animasi itu merupakan pekerjaan yang cukup sulit, lama, dan memerlukan spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Sehingga hanya animator handal saja yang mampu membuat sebuah animasi, karena untuk membuat animasi
yang sederhana saja diperlukan puluhan langkah dan ketepatan perhitungan, apalagi menggunakan cara pemrograman bisa memakan waktu berhari-hari.
Namun seiring dengan perkembangan hardware yang semakin bagus performansinya, maka software pun mengikutinya, sehingga banyak bermunculan program grafis dan animasi untuk memasuki pasar sampai ke tingkat yang paling bawah, sehingga pengguna awam pun dapat mempelajarinya dengan mudah.
Salah satu program yang populer saat ini terutama di lingkungan web adalah Flash. software ini menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat animasi dengan kreativitas yang tiada batas, karena kita bisa membuat animasi dengan mudah dan cepat.
pada modul ini, kita akan membuat animasi yang menggerakan objek kotak dari kanan ke kiri pada software Macromedia Flash.
berikut adalah langkah-langkahnya:
      1.     Klik Rectangle tool, lalu gambarlah kotak di sebelah kanan stage.


2.     Pada Timeline, klik kanan frame 1, maka akan tampil menu, pilih Create Motion Tween. (Catatan: untuk product Adobe, gunakan Create Classic Tween.


3.     Kemudian, Klik kanan pada frame 20, pilihlah Insert Keyframe.


4.     Masih di frame 20, Pindahkan kotak ke sebelah kiri stage.


5.     Untuk melihat hasilnya, Klik menu control | Test Movie. kemudian simpan filenya dengan nama animasi1.fla karena pada trik berikutnya kita akan mengembangkan trik motion tween ini menjadi motion guide tween agar objek yang kita gerakan bisa mengikuti garis/jalur/path yang kita buat sendiri.


Pelajari juga Teknik Motion Guide Tween pada Flash

Bagaimana? hanya dengan 5 langkah saja, kita sudah membuat sebuah animasi meskipun sederhana, karena cara yang kita lakukan di atas merupakan animasi paling dasar yang di kenal dengan Motion Tween, tapi semua animasi yang akan kita buat nantinya pasti akan memerlukan teknik yang satu ini, hanya dengan menambah sedikit kreativitas saja maka kita akan bisa menghasilkan bermacam macam animasi dengan teknik ini.
untuk postingan selanjunya kita akan bahas mengenai teknik cepat membuat animasi bagian 2, yaitu mengenai teknik Guide agar kita bisa mengekspresikan teknik dalam membuat animasi lebih baik lagi.
terimakasih sudah membaca artikel teknik cepat membuat animasi bagian 1

Baca Juga:

No comments