Header Ads

Jenis-Jenis Pengolahan Pemodelan Objek 3D Hard Surface

jenis-jenis pengolahan pemodelan objek 3d hard surface

Pengolahan pemodelan objek 3D hard surface yang telah selesai dibuat selanjutnya diolah kembali melalui beberapa tahap. Hal ini bertujuan agar objek 3D hard Surface tersebut lebih matang dan menarik. Agar memahami materi ini lebih lanjut, simaklah penjelasan berikut ini.

Pengolahan pemodelan objek 3D hard surface bertujuan agar objek yang telah selesai dibuat dapat terlihat lebih matang dan menarik. Terdapat beberapa faktor yang membuat sebuah objek menarik, yaitu bentuk, pewarnaan, pemberian tekstur, tata cahaya, dan tata letak kamera. Berikut adalah jenis-jenispengolahan yang dapat dilakukan pada objek 3D hard surface.

Pengolahan Bentuk

Jenis pengolahan yang paling dasar adalah pengolahan bentuk. Pemodelan objek 3D hard surface yang sebelumnya hanya sebatas bentuk dasar, diolah kembali agar memiliki bentuk yang lebih menarik. Contoh sederhananya adalah, objek kursi yang sebelumnya hanya memiliki bentuk kotak dengan sandaran, diolah menjadi bentuk dengan ukiran.

Pewarnaan

Jenis pengolahan selanjutnya adalah pewarnaan. Pewarnaan pada objek memiliki fungsi untuk menambah daya tarik suatu objek. Dalam setiap objek yang dibuat, perlu untuk menambahkan pewarnaan pada objek. Baik itu hitam, putih, atau berwarna. Dalam hal memberikan warna, tentunya animator memiliki berbagai teknik/style pada pewarnaannya. Oleh karena itu pewarnaan yang dihasilkan lebih bervariasi dan terkadang lebih berkualitas daripada tidak memberi warna sama sekali.

Texture Mapping

Texture mapping adalah metode pengolahan objek 3D hard surface untuk menambahkan detail, tekstur permukaan (bitmap atau raster image), atau warna yang akan dihasilkan komputer grafis atau model 3D. Texture mapping merupakan pemberian sebuah gambar pada permukaan objek sehingga objek akan tampak realistis. Texture mapping memungkinkan untuk memberikan gambar pada geometric primitive tersebut sekaligus tranformasi yang diterapkan kepada objek. Contohnya adalah apabila sebuah objek meja atau lemari diberi tekstur kayu pada permukaannya, maka objek tersebut akan tampak memiliki tekstur seperti kayu.

PELAJARI JUGA

Tata Cahaya

Lighting atau tata cahaya merupakan pengolahan objek 3D hard surface yang berfungsi untuk menambahkan kesan realistis pada objek / scane. Lighting menciptakan bayangan dan refleksi pada objek dengan baik. Selain itu pengaturan tata cahaya yang tepat dapat meningkatkan persepsi kedalaman dengan menciptakan komposisi yang menarik. Lighting dapat menciptakan cahaya yang cukup untuk proses render nantinya.

Tata Kamera

Kamera yang terdapat pada aplikasi 3D berfungsi untuk mengatur bagaimana mata audiens melihat objek tersebut (point of view). Tata kamera juga merupakan tahapan penting untuk mencari view terbaik pada objek saat dilakukan proses rendering.

Follow Mediahanjar.com


No comments