Header Ads

Jenis-Jenis Modeling 3D

Jenis-jenis modeling 3D

Pemodelan Objek 3D akan mempengaruhi animasi yang dihasilkan. Pemodelan objek yang menarik akan menghasilkan animasi yang menarik pula. Pemodelan ini biasa dilakukan oleh Modeller. Atau pada kondisi tertentu dapat dirangkap oleh animator. Secara estetika, seorang modeller atau animator harus memiliki beberapa hal berikut:

  1. Estetika Visual yang bagus.
  2. Rasa proporsional yang baik.
  3. Rasa perspektif yang baik

Pemodelan suatu objek dalam animasi 3D dapat dikelompokan menjadi 2, yaitu Organic Modeling dan hard surface modeling.

Organic Modeling

Organic Modeling adalah pemodelan objek-objek organik seperti manusia, hewan, atau makhluk hidup lainnya yang memiliki sudut-sudut tumpul. Tipe geometri NURBS dan subdivision lebih cocok untuk pemodelan organik. Model model ini dapat digunakan untuk game 3D, kartun animasi atau bahkan dalam film animasi 3D. Model-model ini dapat memiliki tulang/bone yang dapat membantu dalam menganimasikan model itu sendiri.

Jangan sampai lupa pelajari juga Proses Pemodelan Animasi 3D

Hard Surface Modeling

Hard Surface Modeling atau yang disebut juga dengan Industrial Modeling merupakan pemodelan di mana objek yang dihasilkan memiliki sudut-sudut tajam seperti meja, kursi, lemari, automotif, atau benda mati lainnya. Tipe Geometri Polygon sangat sesuai dengan Model industiral ini. Meskipun dalam beberapa kasus modeling, penggunaan NURBS juga sesuai untuk memperoleh sudut-sudut tumpul suatu objek.

Follow Mediahanjar.com


No comments