Header Ads

PRINSIP-PRINSIP YANG BISA DITERAPKAN DALAM HIDUP

prinsip prinsip yang bisa diterapkan dalam hidup
Halo sobat semua, apa kabar? sory nih udah lama mimin baru posting lagi tulisan. kali ini mimin mau coba nyempein beberapa prinsip yang bisa sobat yang bisa sobat terapkan dalam hidup. prinsip-prinsip ini sebernarnya bukan prinsip-prinsip yang baru, tapi kali ini mimin akan memaparkannya dengan disertai kutipan-kutipan yang bakal bikin semangan sobat kaya para pejuang '45. haheho.....
So, kalo sobat saat ini sedang loyo, bingung, linglung, jeung sajabana, tulisan ini bisa jadi obat buat musnahin virus yang sekarang lagi bersarang dalam diri sobat semuanya. ingat loh, suka ada pepatah yang mengatakan "masa depan kamu sangat tergantung dengan apa yang kamu lakukan sekarang". Nah, kalo sobat sekarang bingung dan loyo jeung tak tahu arah, tidak menutup kemungkinan nantinya akan madesu (Masa Depan Suram). jadi mari sobat baca dengan baik, dan yang penting lakasanakan. kalo kiyai bilang sih sami'na Wa atho'na (dengar lalu kerjakan) agar madesu tadi berubah menjadi Masa Depan Sukses. aamiin...
OK, langsung saja nih mimin sampaikan prinsi-prinsip yang bisa sobat terapkan dalam kehidupannya sobat. let's go...

Prinsip kesatu: PERBAHARUI KEBIASAAN

Tahu gak sobat, Kebiasaan adalah hal-hal yang kita lakukan berulang-ulang. Mereka seakan berjalan sendiri, hingga terkadang kita tidak sanggup lagi untuk mengeremnya. Kebiasaan itu akan melahirkan karakter lho. So, yuk hati-hati dengan kebiasaan. memang sih, pada awalnya mungkin perbuatan sepele, tetapi jika itu diulang-ulang maka akan menjelma menjadi kebiasaan. syukur kalo perbuatan itu baik, tapi kalo jelek, bisa berabe kan? :-)

Prinsip kedua: MENGHARGAI WAKTU

ini nih sobat, prinsip kedua yang sama pentingnya buat sobat terapkan, menghargai waktu. Pepatah arab mengatakan "Waktu itu ibarat pedang" kalo kita tidak bisa menggunakan waktu sebaik mungkin, maka waktu itu yang akan memenggal kita. Sobat pastinya punya cita-cita kan? apapun cita-cita kita, harus dicapai di sisa waktu yang ada. So, cara kita menggunakan waktu akan mempengaruhi keberhasilan cita-cita kita. Jika saat ini ceroboh; kita habiskan waktu bersenang-senang dengan teman, kegiatan tidak bermanfaat, maka akan menyesal dikemudian hari. Kita harus ingat, bahwa usia kita singkat, sedangkan kewajiban begitu banyak (Saur Imam Hasan Al Banna Lho!).

Prinsip Ketiga : BANGUN MOTIVASI

Saat sobat ditanya: Apa yang sobat inginkan dalam hidup ini? hampir pasti serentak menjawab "ingin Sukses!", leres henteu? Nah, Sekarang pertanyaanya bertambah; bagaimana cara mewujudkan itu? Wuiihhh.... Mulai pada bingun menjawab deh. :-) pada dieum kan kalo dapat pertanyaan itu? OK. mimin kasih bocoran nih, untuk mencapai keberhasilan yang sobat inginkan, sobat memiliki tiga syarat. Pertama, memerlukan kepandaian untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Kedua, Pengetahuan tentang bagaimana cara melakukannya. Ketiga, Motivasi Diri untuk melakukannya. Lebih jelas tentang Prinsip Bangun Motivasi ini akan mimin coba ulas di artikel MEMBANGUN MOTIVASI.

Prinsip Keempat : GUNAKAN MODALITAS BELAJAR

Sobat mungkin pernah ngerasakan "Kok Susah benar ya memahami pelajaran itu" atau bahkan sebaliknya, "Tampaknya itu cocok untukku". Nah itu dalam bahasa Zaman Now dinamakan modalitas belajar. yaitu bagaimana kita menyerap informasi saat berkomunikasi ataupun belajar. masing-masing modalitas belajar berbeda satu sama lain, bahkan mungkin ada yang sama. secara umum untuk menyerap informasi bisa dengan cara visual, auditorial, dan kinestetik. Apa itu? akan mimin bahas pada artikel tersendiri.

Prinsip kelima : MILIKILAH HUBUNGAN

KUNCI SUKSES TANPA BERBUAT APA-APA? INI MENURUT BILL GATES


apakah sobat pernah melihat hubungan antara ikan hitu dengan ikan-ikan teri kecil? itulah sebuah hubungan yang menyenangkan dan saling menguntungkan. bahasa kerennya Simbiosis Mutualisme (Masih ingat pelajaran biologi?). Tapi terkadang sebuah hubungan mendatangkan kesedihan atau kehawatiran. Sobat pernah ngalamin kan? suatu waktu sobat ngerasa sangat kecewa dan ingin mengakhiri sebuah hubungan yang selama ini telah dibina. Mimin akan coba bahas juga prinsip keliman ini kunci menjalin kelangsungan sebuah hubungan di artikel yang berbeda. :-)

Prinsip keenam : HIDUPLAH SEIMBANG

Hidup seimbang berarti menggunakan potensi yang sobat miliki dengan seimbang, baik itu akal, fisik, dan mental/rohani sobat. ketiga potensi ini mesti mendapatkan 'gizi' yang memadai. jangan sampai sobat hanya memenuhi salah satunya saja. Karena kalo itu yang terjadi, sobat akan menjadi manusia yang timpang. sobat bisa bayangkan, misalkan sobat terlalu serius memberi makan otak sobat, sedangkan fisik dan rohani sobat ndak pernah sobat pikirkan. mimin yakin deh, suatu saat sobat bakalan tepar gak kuat dan terkapar. kalo gak, sakit tipus, ya sobat bakal stress. Pernah mendengan orang sukses berakhir dengan bunuh diri?. Semua itu gegara Rohani gak pernah dikasih makan tuh sobat. Padahal sebagaimana yang lain, Rohani juga penting. So..Hiduplah Seimbang.
Oke sobat, itu dulu yang dapat mimin sampaikan ditulisan ini. Tulisan ini mimin ringkes tina buku saku karya Didik Hermawan yang berjudul "Be Sporty Bo'!" mugia aya mangfaatna :-) dan yang terpenting setelah sobat membacanya adalah melaksanakannya. Salam Sukses buat sobat semuanya.

Follow Mediahanjar.com


No comments