Header Ads

Aplikasi yang digunakan pada Animasi 3D


Aplikasi yang digunakan untuk Animasi 3D

MATERI MODUL


Dalam pembuatan animasi 3D, terdapat beberapa aplikasi atau software yang dapat digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah Autodesk Maya, Autodesk 3Ds Max, Blender, Cinema 4D, Posser, Zbrush, Autodesk Mudbox, Carrara, dan lain-lain.

Autodesk Maya
Maya adalah sebuah perangkat lunak keluaran Autodesk. Sangat baik digunakan untuk berkreasi dalam pemodelan. Maya juga memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunanya. Tentunya banyak yang memanfaatkannya untuk animasi VFX karena kelebihannya tersebut. Dengan menambahkan beberapa tulang atau bone dan menggunakan teknik rigging, maya dapat membuat karakter yang bisa kita buat bergerak.

Autodesk 3Ds Max
Secara harfiah 3Ds Max merupakan perkembangan dari Autodesk Maya. Dalam beberapa hal, software ini lebih rumit dari Maya. Namun, cukup mudah digunakan dalam mode script untuk permainan, sehingga 3Ds Max biasanya digunakan untuk membuat sebuah game.

Blender
Dari beberapa aplikasi open source paling terkemuka di dunia, Blender adalah salah satunya. Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan banyak konten 2D dan 3D, mulai dari modeling, texturing, lighting, animation, dan video post processing.

Cinema 4D
Cinema 4D salah satu software yang dianjurkan untuk pemula karena cinema tidak serumit 3Ds Max dan Maya, serta tidak membutuhkan spesifikasi komputer tinggi. Tapi hasil yang diperoleh tetap sama baik seperti software 3D lainnya.

Posser
Sedikit berbeda dengan yang lain, software ini merupakan perangkat lunak 3D yang digunakan hanya untuk modeling karakter manusia. Hasil yang ditampilkan sangat bagus dan lebih realistis dari yang lainnya. Posser juga sangat mudah untuk digunakan.

Zbrush
Merupakan software yang hanya digunakan untuk modeling3D, Texturing, dan pahat. Sangat bagus digunakan untuk membuat karakter monster atau karakter-karakter hasil imajinasi lainnya. Zbrush juga dapat digunakna untuk mengekspor model 3D dari software lainnya untuk memberikan tulang dengan teknik rigging dan menggerakannya.

Autodesk Mudbox
Software ini mempunyai kegunaan yang sama seperti Zbrush hanya saja lebih mudah Zbrush dalam penggunaannya. Namun demikian, kualitas yang dihasilkan sangat bagus. Mudbox biasanya digunakan untuk pemodelan karakter 3D tingkat tinggi.

Carrara
Adalah perangkat lunak yang biasa diguanakan untuk membuat simulasi, seperti banjir, kecelakaan mobil, ledakan api, dan lainnya. Aplikasi ini dikeluarkan oleh DAZ 3D. Carrara juga bisa mengkomposisikan antara rekaman nyata dan animasi simulasi.

Pelajari juga tentang Pengertian, Konsep, dan Proses Pembuatan Animasi 3D.


Itulah beberapa Aplikasi yang digunakan pada animasi 3D, saat ini sudah banyak juga aplikasi 3D untuk perangkat Android seperti, Zoobe, Animate it, Veemee Avatar Creator, Animate me, BuddyPoke 3D Avatar Creator, Insta 3D, CreAnima Monster Creator, dan lainnya yang bisa dicari informasi lainnya melalui search enggine.

KEGIATAN KELAS


Setelah mempelajari materi modul Aplikasi yang digunakan pada Animasi 3D, selanjutnya mediahanjar.com akan memberikan contoh kegiatan kelas dalam memperdalam lagi pengetahuan materi BAB Mengenal Konsep Dasar Objek Animasi 3 Dimensi. format kegiatan ini bisa menjadi bagian dari Rencana Proses Pembelajaran (RPP) untuk pertemuan di kelas nanti.
Perhatikan contoh format kegiatan berikut:

A. Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Aplikasi Animasi 3D
B. Jenis Kegiatan : Tugas Kelompok
C. Tujuan Kegiatan :
  1. Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan mengenai keunggulan aplikasi Animasi 3D dengan benar (KD.3)
  2. Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi aplikasi animasi 3D dengan terampil (KD.4)
D. Langkah Kegiatan :

1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang dan tentukanlah salah seorang diantara anda sebagai ketua kelompok.
Ketua Kelompok : ....................
Anggota 1 : .............
Anggota 2 : .............
Anggota 3 : .............

2. Tentukan salah satu aplikasi animasi 3D yang ingin anda diskusikan! (pastikan setiap kelompok memilih aplikasi yang berbeda)
Nama Aplikasi : ..................

3. Berdasarkan aplikasi yang telah anda pilih tersebut, coba carilah informasi mengenai aplikasi tersebut dengan rinci seperti: keunggulan, kegunaan, dan sebagainya.!
Informasi Mengenai Aplikasi : 
......................................................................................................................................................................

4. Berdasarkan dari informasi yang telah anda temukan dan kumpulkan, buatlah makalah dan juga slide presentasi power point yang berisi informasi-informasi yang didapatkan tersebut.

5. Presentasikan hasil diskusi kelompok anda mengenai aplikasi animasi 3D di depan kelas pada pertemuan selanjutnya! mintalah tanggapan dari guru dan kelompok lain pada saat presentasi nanti dan catat tanggapannya.
Tanggapan : .....................................................

itulah contoh modul mata pelajaran animasi 3 Dimensi untuk program studi Multimedia SMK mengenai materi Aplikasi yang digunakan pada animasi 3D yang bisa mediahanjar.com bagikan. jika bermanfaat silahkan di share. terimakasih!

No comments