Header Ads

Perintah Dasar (shortcuts) pada Aplikasi Blander

perintah dasar (shortcuts) pada aplikasi blander

Membuat objek 3 Dimensi dapat dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi, seperti pada pembahasan sebelumnya tentang Aplikasi yangdigunakan pada animasi 3D. Salah satu yang dapat digunakan adalah Aplikasi Blander. Blender merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi atau film animasi 3D, Effect Visual, Aplikasi 3D interaktif, dan sebagainya. Aplikasi ini memiliki kelebihan dimana tidak membutuhkan ruang kapasitas yang banyak, open source, dan tergolong mudah untuk digunakan.
Pada umumnya setiap user akan lebih mudah menggunakan sebuah aplikasi jika dibantu dengan penggunaan Shortcut atau perintah dasar yang dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard.

Berikut adalah perintah dasar pada aplikasi blander:

  • TAB key
  • untuk mengubah antara "edit mode" dan "object select mode"
  • "O" key 
  • Untuk mengaktifkan "proportional vertex editing" pada "edit mode"
  • "A" key
  • Untuk memilih semua vertices/vertex yang ada pada sebuah objek
  • "B" key
  • Untuk memilih banyak objek dengan menggunakan windows drag
  • Space bar
  • Untuk menampilkan menu tool
  • Number pad
  • Untuk mengontrol view. "7" untuk Top, "1" untuk Front, "3" untuk side, "0" untuk camera, "5" untuk Perspective, "." untuk memperbesar objek yang telah dipilih, "+" dan "-" untuk memperbesar atau memperkecil.
  • Mouse
  • Klik kiri berfungsi untuk mengubah, klik kanan untuk memilih, klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
  • Shift key
  • Untuk memilih objek lebih dari satu dengan cara menaham tombol shift dan klik kanan
  • Arrow key
  • Untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi
  • "R" key
  • Untuk merotasi sebuah objek atau vertices
  • "S" key
  • Untuk mengatur skala objek atau vertices
  • "G" key
  • Untuk memindahkan sebuah objek atau vertices
  • "P" key
  • Untuk memisahkan Vertices yang dipilih menjadi sebuah objek di dalam "edit mode"
  • Shift + "D"
  • untuk menduplikat sebuah objek atau vertices
  • "E" key
  • Untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih dalam "edit mode"
  • "U" key
  • Di dalam object mode berfungsi untuk menampilkan single user menu, sedangkan di dalam edit mode berfungsi sebagai undo.
  • "M" key
  • Untuk memindahkan objek ke layar lain. di dalam edit mode berfungsi sebagai mirror
  • "Z" key
  • Untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
  • Alt + "Z"
  • Untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
  • Alt / Ctrl + "P"
  • Untuk membuat atau menghapus hubungan parent/child
  • Ctrl + "J"
  • Untuk menggabungkan objek.
  • Alt "A"
  • Untuk menjalankan animasi
  • "F" key
  • Untuk membuat sebuah sisi pada edit mode
  • "X" atau Delete
  • Untuk menghapus objek, vertices, atau sisi.
  • "I" key
  • Untuk memasukan animasi
  • Alt + "U"
  • Untuk menampilkan "Global Undo Command".
  • Alt + "C"
  • Untuk mengkonversi menjadi mesh, text, dan curves
  • Shift + Space
  • Untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yang aktif saja.
  • Ctrl + "O"
  • Untuk memilih sebuah camera.
Itulah Shortcuts Pada Aplikasi Blander yang ada pada aplikasi Blander yang harus diketahui agar lebih memudahkan dalam pemodelan animasi 3D kedepannya.

No comments