Header Ads

Pengertian dan Konsep Multimedia Interaktif


Ketika berbicara mengenai multimedia interaktif, akan terbayang hal hebat yang berkaitan dengan komputer, dengan konten gambar diam atau gambar bergerak, dan juga dilengkapi dengan konten suara. Ada perbedaan antara multimedia dan multimedia interaktif. Multimedia merupakan penggabungan beberapa media seperti teks, gambar, suara, teks, animasi, dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanupulasi secara digital. Sedangkan multimedia interaktif merupakan bentuk media yang menggabungkan banyak unsur dan dilengkapi dengan alat pengontrol. Dengan demikian pengguna atau user dapat memilih proses selanjutnya secara aktif dan terjadi interaksi antara media dengan user.

Adapun unsur yang digabungkan di dalam multimedia interaktif diantaranya Teks, Image (Grafiks), Audio, dan interaktivitas. Interaktivitas bukanlah media, melainkan sebuah rancangan di balik program pada multimedia. Dengan adanya interaktivitas ini, seseorang ataun pengguna bisa leluasa mengakses berbagai bentuk media pada program multimedia.

Penggunaan multimedia interaktif biasanya sering kita temukan pada game yang menyertakan alat sebagai control, sehingga pengguna bisa menentukan option dalam permainan tersebut. Bentuk interaksi multimedia dengan pengguna yaitu ketika pengguna menggunakan tombol navigasi untuk melanjutkan ke halaman / page/ frame selanjutnya dan memasukan / menginputkan teks pada halaman multimedia.

Agar kita lebih lebih memahami mengenai multimedia interaktif coba kita amati video profile dari sebuah perusahaan dan video game anak. Keduanya merupakan produk multimedia, akan tetapi dari kedua produk multimedia tersebut kita bisa membedakan produk mana yang termasuk multimedia interaktif.



Bagaimana? Sudah bisakan memahami mengenai pengertian multimedia interaktif?

Selanjutnya kita akan bahas mengenai konsep multimedia interaktif. Perlu diketahu bahwa konsep dari multimedia interaktif dibedakan menjadi dua, yaitu multimedia interaktif berbasis web dan media interaktif. Lalu apa yang membedakan keduanya?

Konsep Multimedia Interaktif Berbasis Web

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini informasi dapat mudah tersebar ke seluruh penjuru dunia melalui internet (Network Technology). Pada zaman era digital yang menghubungkan antara manusia dengan system internet ini membuat dunia seolah sempit, karena dapat dengan mudah dan cepatnya suatu informasi tersebar melalui internet. Penyebaran yang dimaksud dilakukan dengan aplikasi berbasis internet.

Multimedia interaktif berbasis web merupakan sebuah multimedia yang dapat diakses melalui internet ataupun intranet. Dewasa ini, penggunaan multimedia interaktif lebih banyak dan luas. Tidak sedikit perusahaan berkembang yang menggunakan multimedia interaktif berbasis web dalam merencanakan sumberdaya dan untuk mengelola perusahaannya. Produk multimedia interaktif ini bisa kita temukan di situs seperti kelas kita, ayo belajar.com, dan lain sebagainya.

Salah satu keunggulan aplikasi berbasis web ini adalah bahwa aplikasi tersebut dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui browser dan koneksi internet atau internet ke server. Pengguna aplikasi dapat mengakses data ataupun informasi melalui laptop, smartphone, atau PC Komputer di rumah (selama ada koneksi jaringan internet)

Multimedia Berbasis Media Interaktif

Konsep yang kedua adalah Media interaktif. Biasanya Media interaktif ini mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem multimedia berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan cara menyajikan konten seperti teks, gambar (baik diam atau bergerak), animasi, video dan audio. Berbeda dengan multimedia interaktif berbasis web, media interaktif memiliki bentuk berupa aplikasi desktop, CD Interaktif, Serta Aplikasi Android.

Pemanfaatan media interaktif salah satunya dalam lingkup dunia pendidikan, yang merupakan alat bantu berbasis multimedia yang dapat menjabarkan pesan dan informasi dari tenaga pendidik atau guru ke peserta didik atau siswa. Produk Media interaktif ini pada prosesnya akan terjadi komunikasi aktif dua arah antara produk multimedia dengan pengguna atau yang tujuannya untuk mempermudah proses pembelajaran. Karakteristik dari media interaktif ini yaitu sebagai berikut:

a. Memiliki lebih dari satu media konvergen, seperti menggabungkan unsur audio dan visual.

b. Bersifat interaktif, artinya memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respons dari pengguna/user.

c. Bersifar mandiri, artinya memberi kemudahan dan kelengkapan isi sehingga pengguna dapat menggunakan media ini tanpa bimbingan orang lain.

Contoh produk media interaktif yang banyak beredar misalnya media pembelajaran, video game, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan konsep multimedia interaktif.

Follow Mediahanjar.com

Baca Juga:

No comments