Header Ads

Silabus Paket Keahlian (C3) Multimedia SMK tahun 2020

silabus mata pelajaran multimedia smk


Silabus merupakan sebuah dokumen atau spesifikasi yang mengkomunikasikan informasi tentang program studi atau mata pelajaran tertentu yang didalamnya terdapat mengandung subuah harapan dan tanggung jawab. Silabus adalah salah satu dokumen yang harus disiapkan oleh tenaga pendidik. dokumen silabus setidaknya memuat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, serta Kegiatan pembelajaran.

Tidak hanya mengembangkan dokumen silabus, tenaga pendidik juga diharuskan untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Miminum (KKM) bagi peserta didiknya dalam menuntaskan setiap kompetensi dasar materi pembelajaran. KKM ini ditentukan dengan memperhatikan tingkat kompleksitas dari materi yang diajarkan serta daya dukung dari pembelajaran. Sumber daya dukung bisa dengan melihat kemampuan siswa, sarana pendukung kegiatan pembelajaran, dan juga nilai intake.

Ramai nampaknya yang mencari format silabus dan KKM untuk mata pelajaran Produktif kejuruan SMK khususnya kelompok C2 dan C3. Dalam proses pembuatan dokumen dokumen pembelajaran tersebut, tenaga pendidik terkadang dibingungkan dengan format silabus yang berbeda-beda. mediahanjar.com mencoba memberikan kontribusi berupa media bahan ajar untuk kompetensi keahlian multimedia SMK dengan memperhatikan struktur kurikumul SMK berdasarkan Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018, tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Terdapat perubahan stuktur kurikulum 2013 untuk program keahlian multimedia. diantaranya adalah untuk mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Pada stuktur kurikulum sebelumnya mata pelajaran ini dipisahkan antara 2 Dimensi dan 3 Dimensi baik jumlah jam maupun penempatan pada tingkat atau kelas. Sedangkan pada sturuktur revisi ini, dua mata pelajaran dijadikan satu mata pelajaran. Tentunya berubah juga terhadap jumlah jam pelajaran dan penempatan kelas atau tingkat. yang semula ditempatkan di kelas XI dan XII sekarang difukuskan pada tingkat XI dengan jumlah jam pertemuan tiap minggunya. 

pada postingan kali ini, akan dishare contoh silabus untuk mata pelajaran kelompok C3, yaitu Desain Grafis Percetakan, Desain Media Interaktif, Animasi 2D dan 3D, Teknik Pengolahan Audio dan Video, Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Berikut adalah contoh Silabus untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan yang dilaksanakan di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020



Itulah contoh silabus mata pelajaran Desain Grafis Percetakan untuk kelas XI program keahlian multimedia SMK.

selanjutnya adalah contoh Silabus dilengkapi dengan format KKM untuk program keahlian Multimedia SMK untuk Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Tahun Pelajaran 2020.



Baca: Kumpulan Bahan Ajar MODUL ANIMASI 2D DAN MODUL ANIMASI 3D

Itulah contoh format silabus dan KKM untuk kelompok C3 SMK pelajaran Animasi 2D 3D.
silahkan di share jika bermanfaat. terimakasih.

No comments